Home / Berita / Vinales Lega Konfirmasi Hasil Thailand di MotoGP Jepang

Vinales Lega Konfirmasi Hasil Thailand di MotoGP Jepang

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales mengaku sangat lega bisa kembali tampil kompetitif di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Pada sesi latihan bebas pertama (FP1) pada Jumat (19/10), ia menduduki posisi kelima dan mencatat waktu yang cukup konsisten.

Usai para ridernya kesulitan masuk posisi lima besar sejak rehat musim panas, Yamaha tampil menggebrak di Buriram, Thailand dua pekan lalu. Meski belum juga mengakhiri paceklik kemenangan, Vinales, Valentino Rossi dan Johann Zarco tampil garang sepanjang pekan balap dan akhirnya finis ketiga, keempat dan kelima.

Hasil ini tak membuat Vinales besar kepala. Ia sempat meyakini bahwa hasil ini hanyalah diraih berkat ban khusus yang disediakan Michelin untuk seluruh rider di Buriram. Hal ini menjadikan tanda tanya di Motegi, dan akhirnya terjawab sudah bahwa hasil tersebut lebih dari sekadar ‘bantuan’ dari ban.

Lebih dari Sekadar Ban

“Dengan ban baru, saya merasa sangat nyaman. Tapi saya belum menemukan kombinasi terbaik. Suhunya sangat dingin. Tapi kami lebih cepat dan saya senang karena ini mengonfirmasi bahwa hasil baik di Thailand bukan berkat ban. Ini membuat kami makin percaya diri,” ungkap Vinales kepada Marca.

“Saya cukup senang, karena seperti di Thailand, saya kompetitif sejak FP1 dengan ban lama. Ini bukti bahwa hasil baik di Thailand lebih dari sekadar karena ban, karena Motegi sangat berbeda dengan Buriram. Kami harus terus bekerja seperti ini, tak boleh hilang fokus,” lanjutnya.

Simon Gantikan Zeelenberg

Di lain sisi, Vinales juga akhirnya mengumumkan siapa yang akan jadi pelatih balapnya musim depan. Selama dua tahun belakangan, ia didampingi oleh rider analyst Yamaha, Wilco Zeelenberg. Pria Belgia ini dipastikan akan menjabat sebagai manajer tim Petronas Sprinta Yamaha Racing, dan Vinales akhirnya menunjuk juara dunia GP125 2009, Julian Simon sebagai penggantinya.

“Dengan Julian saya punya hubungan yang sangat baik. Saya butuh sesuatu agar lebih lengkap sebagai seorang rider. Ia akan membantu saya fokus pada pekan balap, melihat apa hal terbaik yang dilakukan rival, apa yang harus saya perbaiki dan ini penting. Julito akan membantu mental saya karena orang yang tenang dan sabar, dan selalu bahagia. Ia akan membantu tim kami,” tutupnya.

About asiagol

Check Also

Daftar Skuad Pemain Persipura Jayapura 2019

Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura, atau Persipura, adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Jayapura, Papua. ...