Home / Berita / Valentino Rossi Tanggapi Kontroversi Romano Fenati di Misano

Valentino Rossi Tanggapi Kontroversi Romano Fenati di Misano

Rider Marinelli Snipers Team, Romano Fenati ‘sukses’ besar menarik perhatian di MotoGP San Marino di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Minggu (9/9). Fenati diketahui melakukan tindakan berbahaya kepada Stefano Manzi dalam sesi balap Moto2.

Di pertengahan balap, kedua rider tuan rumah ini sempat bersenggolan hingga sama-sama keluar trek. Usai kembali ke lintasan, keduanya kembali bersenggolan usai menjalani aksi saling salip.

Fenati yang naik pitam, segera mengejar Manzi saat melaju di Tikungan 7 dan melaju di sisi kanannya. Dalam kecepatan tinggi, Fenati pun dengan sengaja meraih tuas rem Manzi dan segera mencengkeramnya. Manzi sempat goyah, namun beruntung tak terjatuh.

Fenati pun segera mendapat bendera hitam dan diskualifikasi, dan dijatuhi hukuman larangan dua kali balap atas tindakannya. Manzi sendiri dijatuhi hukuman mundur enam posisi start di Aragon, Spanyol pada 23 September mendatang.

Tendang Niklas Ajo

Tendang Niklas Ajo

Menyusul tindakan Fenati ini, jelas sulit melupakan tindakan serupa yang ia lakukan di masa lalu. Rider 22 tahun ini diketahui pernah menendang Niklas Ajo di sesi pemanasan Moto3 Argentina 2015.

Tak berhenti di situ, Fenati juga menghampiri Ajo saat menjalani latihan start dan mematikan motor Ajo sebelum ‘kabur’ kembali ke garasi.

Akibat tindakan ini, Fenati dijatuhi hukuman tiga poin, yang membuatnya harus start dari posisi terbuncit di sesi balap. Usai insiden itu pula, Fenati sempat meminta maaf kepada Ajo.

‘Sejarah’ dengan VR46

Fenati merupakan salah satu rider yang sempat menjadi anggota VR46 Riders Academy, akademi balap milik Valentino Rossi dan ia juga sempat membela Sky Racing VR46 di Moto3. Meski begitu, kontraknya diputus terhitung sejak MotoGP Austria 2016.

Ia segera diberhentikan oleh Rossi dan Project Leader VR46, Alessio ‘Uccio’ Salucci usai ketahuan bertengkar dengan crew chief-nya dan menolak untuk mengikuti program VR46 Riders Academy di Tavullia, Italia.

Usai finis ketujuh di kelas MotoGP, Rossi pun akhirnya menanggapi insiden Fenati dan Manzi, namun menolak berkomentar lebih jauh. “Sungguh buruk melihat apa yang terjadi, karena itu tindakan yang sangat berbahaya. Jadi rasanya sangat lega tak ada yang terluka,” ungkapnya kepada Crash.net.

Uniknya, Manzi, juga merupakan anggota VR46 Riders Academy, dan tahun depan dipastikan akan bertandem dengan Fenati di Forward Racing-MV Agusta. Bos Forward Racing, Giovanni Cuzari dikabarkan telah melakukan evaluasi pada kontrak Fenati

About asiagol

Check Also

BPBD Pacitan: 49 Desa Mengalami Kekeringan

Kekeringan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur meluas pada musim kemarau2019. Sekitar 49 desa di kabupaten pesisir pantai ...