Home / Berita / Tujuh Gelar Dunia di Tangan, Marc Marquez Gores Sejarah Baru

Tujuh Gelar Dunia di Tangan, Marc Marquez Gores Sejarah Baru

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez akhirnya sukses meraih gelar dunianya yang ketujuh usai memenangi balapan MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi pada hari Minggu (21/10). Gelar ini juga merupakan gelar dunianya yang kelima di kelas tertinggi.

Gelar ini dipastikan jatuh ke tangan Marquez usai pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso (Ducati Corse) terjatuh pada Lap 23 dan finis di posisi 18. Meski masih ada tiga seri tersisa, Marquez telah unggul 102 poin dari Dovizioso dan dipastikan berhasil mengunci gelar dunia.

Prestasi gemilang ini pun membuat Marquez menggores sejarah baru. Setumpuk rekor ia patahkan berkat gelar dunia ini. Apa saja rekor-rekor tersebut. Simak yang berikut ini, Bolaneters!

Rekor-Rekor Patah di Tangan Marquez

Rekor-Rekor Patah di Tangan Marquez
  • Marquez menjadi rider termuda dengan lima gelar dunia di kelas tertinggi (GP500/MotoGP) dalam usia 25 tahun dan 246 hari. Ia mematahkan rekor Valentino Rossi, yang meraih gelar dunianya yang kelima pada 2005 dalam usia 26 tahun dan 221 hari.
  • Marquez menjadi rider termuda dengan tujuh gelar dunia di ajang Grand Prix, mengalahkan rekor Mike Hailwood. Hailwood berhasil mengumpulkan tujuh gelar dunia dalam usia 26 tahun dan 140 hari pada 1966 silam.
  • Bersama Valentino Rossi, Mick Doohan dan Giacomo Agostini, Marquez menjadi salah satu dari empat rider yang mampu meraih lima atau lebih gelar dunia di kelas tertinggi.
  • Marquez menjadi salah satu dari delapan rider yang mengoleksi tujuh atau lebih gelar dunia di ajang Grand Prix. Kini namanya berjejer dengan John John Surtees (7), Phil Read (7), Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15).
  • Marquez meraih setidaknya lima balapan per musim selama sembilan musim berkiprah di tiga kelas balap Grand Prix, yakni GP125, Moto2 dan MotoGP.
  • Marquez merupakan rider pertama dalam sejarah yang mampu mengukir rekor di atas, mematahkan rekornya sendiri tahun lalu. Sebelumnya, Mike Hailwood lah satu-satunya rider yang mampu meraih setidaknya lima kemenangan per musim selama tujuh tahun (1961-1967).
  • Dengan lima pole musim ini, Marquez tercatat mengoleksi 78 pole di ketiga kelas balap Grand Prix yang pernah ia ikuti (rekor terhitung sejak 1974).
  • Di Thailand, Marquez yang berusia 25 tahun dan 231 hari, menjadi ride termuda dengan raihan 50 pole di kelas tertinggi. Ia mematahkan rekor Mick Doohan, yang meraih pole-nya yang ke-50 di Phillip Island, Australia pada 1997 dalam usia 32 tahun dan 122 hari.

About asiagol

Check Also

Daftar Skuad Pemain Persipura Jayapura 2019

Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura, atau Persipura, adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Jayapura, Papua. ...