Home / Berita / Tak ‘Menggila’ demi Menang, Marquez Puas Ungguli Rossi

Tak ‘Menggila’ demi Menang, Marquez Puas Ungguli Rossi

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku dirinya tak terlalu ambisius dan ambil risiko tinggi dalam menjalani balapan MotoGP Ceko pada Minggu (5/8). Cukup dengan finis ketiga, Marquez pun puas bisa menjaga keunggulan atas rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi di klasemen pembalap.

Sepanjang pekan balap, Marquez begitu kesulitan mencatat waktu tercepat dan tampil kuat, dan start dari posisi ketiga. Pada lap pembuka, ia pun berhasil mempertahankan posisi, namun harus bertahan dari perlawanan sengit Jorge Lorenzo. Ia naik ke posisi kedua usai menyalip Rossi pada Lap 11.

Marquez berusaha menjaga usia ban dengan membuntuti Andrea Dovizioso selama tujuh lap, namun kembali mendapat ancaman dari Lorenzo pada Lap 18. Keduanya pun bersenggolan pada lap pamungkas, dan insiden ini membuat Marquez sadar bermain aman adalah strategi yang lebih baik, dan pulang dengan finis ketiga.

Akui Ducati Lebih Unggul

Akui Ducati Lebih Unggul

“Sepanjang balapan, saya merasa nyaman, merasa kuat berkendara dan kecepatan saya baik. Masalah pun datang saat saya bertarung dengan duet Ducati, karena mereka punya akselerasi yang sangat kuat. Top speed-nya bahkan lebih unggul, begitu juga titik pengeremannya,” ujarnya dalam jumpa pers.

Marquez pun mengaku tak ngotot memburu Dovizioso dan Lorenzo, saat menyadari Rossi tak lagi mampu mengejar. “Sangat sulit menyalip mereka. Kami telah mencoba, tapi tanpa aksi gila. Positifnya, Vale melaju di belakang, jadi target utama kami adalah memperbesar margin poin di klasemen darinya,” lanjut rider 25 tahun ini.

Di Jalur yang Tepat

Di Jalur yang Tepat

Sementara Rossi finis keempat, Marquez tetap kokoh di puncak klasemen pembalap dengan koleksi 181 poin, unggul 49 poin atas rider Italia tersebut. Dovizioso pun naik ke peringkat ketiga dengan 113 poin, diikuti Maverick Vinales dengan 109 poin dan Lorenzo dengan 105 poin.

“Kami tahu Dovi meraih banyak poin, begitu juga Jorge, tapi mereka masih 68 poin di belakang saya. Jadi kami ada di jalur yang tepat. Saya senang atas hasil ini, mengingat saya kerap kesulitan di sini setiap tahun. Kami dekat dengan kemenangan, jadi inilah sisi positifnya,” pungkas enam kali juara dunia ini.

About asiagol

Check Also

BPBD Pacitan: 49 Desa Mengalami Kekeringan

Kekeringan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur meluas pada musim kemarau2019. Sekitar 49 desa di kabupaten pesisir pantai ...