Home / Berita / Honda DBL 2018 Telurkan Penghargaan Presiden Jokowi

Honda DBL 2018 Telurkan Penghargaan Presiden Jokowi

Honda Developmental Basketball League (DBL) akan kembali bergulir mulai 20 Juli 2018. Liga basket pelajar terbesar di Indonesia itu bakal dimulai di Surabaya dalam rangkaian Honda DBL East Java Series-North Region.

Memasuki musim ke-15 ini, Honda DBL akan lebih istimewa. Sebab, masing-masing juara provinsi akan mendapatkan piagam penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Liga basket yang dimulai pada 2004 ini juga menarik perhatian Jokowi. Bahkan, Honda DBL tahun ini diluncurkan di Istana Kepresidenan, Bogor pada 12 Mei lalu. Ketika itu Jokowi bermain basket bersama enam alumni Honda DBL bersama beberapa menteri Kabinet kerja.

“Honda DBL ini sudah berlangsung sangat lama. Dari kota ke kota dan dari provinsi ke provinsi. Kami lihat sangat bagus. Dari sana, kami bisa pilih untuk Timnas satu persatu,” ujar Jokowi usai bermain basket bersama alumni DBL.

Sumbangsih Honda DBL untuk timnas memang terbilang besar. Pada Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan mulai 18 Agustus mendatang, banyak jebolan Honda DBL yang membela timnas Indonesia.

Dari daftar pemain yang dirilis timnas basket putri Indonesia, sebanyak 60 persen pemain adalah alumni Honda DBL. Sedangkan pada sektor putra mencapai 40 persen.

Presiden Jokowi sendiri sudah lama memberi perhatian pada Honda DBL. Saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2010 lalu, dia sudah membuka gelaran Honda DBL Central Java Series.

Untuk tahun ini, Honda DBL akan mengusung Full Time Student, dan Full Spirit Athlete. DBL tetap fokus pada komitmen supaya atlet tak hanya berprestasi di bidang basket, tapi juga wajib untuk berprestasi di bidang akademis agar seimbang.

“Sejak awal pendaftaran kami menekankan dengan penyaringan nilai raport. Peserta yang tidak naik kelas tidak boleh ikut liga,” kata Wakil Direktur DBL Indonesia, Donny Rahardian.

Mulai di Surabaya (Honda DBL East Java Series-North Region) pada 20 Juli, empat kota lain bakal menyusul di bulan yang sama. Di antaranya adalah Honda DBL West Sumatra Series di kota Padang (27 Juli), Honda DBL South Kalimantan Series di kota Banjarmasin (27 Juli), lalu Honda DBL Aceh Series (30 Juli), dan Honda DBL East Java Series–South Region (31 Juli).

About asiagol

Check Also

GEBYAR HADIAH LUCKY DRAW