Home / Berita / Fernando Alonso Resmi Mundur dari Formula 1 di Akhir Musim

Fernando Alonso Resmi Mundur dari Formula 1 di Akhir Musim

Dua kali juara dunia, Fernando Alonso resmi mengumumkan dirinya akan mundur dari Formula 1 pada akhir musim nanti. Hal ini ia umumkan melalui situs resmi F1 dan sebuah video yang ia unggah di media sosial pada hari Selasa (14/8).

Alonso pertama kali turun dalam kejuaraan internasional di Euro Open by Nissan pada 1999 dan Formula 3000 pada 2000. Pembalap Spanyol ini pun menjalani debut di F1 bersama tim Minardi pada 2001, sebelum pindah ke Renault. Bersama tim ini, ia merebut gelar dunia pada 2005 dan 2006.

Pada 2007, ia hijrah ke McLaren-Mercedes, di mana ia diketahui kerap mengalami cekcok dengan Lewis Hamilton. Setahun setelahnya, ia kembali ke Renault dan membela Scuderia Ferrari pada 2010. Pada 2015, ia kembali ke McLaren, yang kala itu bermesin Honda dan musim ini bermesin Renault.

Diduga ke Ajang Lain

Diduga ke Ajang Lain

Alonso diduga tak lagi menikmati balapan di F1, sejak ia mengambil keputusan kontroversial tahun lalu, yakni memutuskan untuk absen dari seri F1 paling bergengsi, GP Monako demi turun di kejuaraan Indy Car bersama McLaren-Honda-Andretti. Baru-baru ini, ia juga sukses meraih kemenangan bersama Toyota di ajang balap ketahanan paling prestisius, 24 Hours of Le Mans.

Alonso tak menyatakan dirinya akan pensiun dari dunia balap, ia pun diduga akan turun secara penuh di Indy Car tahun depan dan kemungkinan akan turun di ajang-ajang balap mobil lainnya, termasuk FIA World Endurance Championship (WEC) bersama Toyota.

Selama berkarir di F1, Alonso telah merebut dua gelar dunia, 32 kemenangan, 97 podium, 22 pole dan 302 start, yang membuatnya berada di posisi keempat dalam daftar pembalap F1 dengan start terbanyak. Selain dua kali juara, ia terhitung pernah tiga kali duduk di peringkat runner up.

Pernyataan Resmi Alonso

Pernyataan Resmi Alonso

“Usai 17 musim yang hebat dalam ajang olahraga yang mengagumkan ini, sudah waktunya bagi saya untuk melakukan perubahan dan beranjak pergi. Saya menikmati setiap menit dari musim-musim menakjubkan ini dan saya takkan bisa cukup berterima kasih kepada semua orang yang telah berkontribusi dan membuat semuanya terasa spesial.

“Masih ada beberapa seri tersisa musim ini dan saya akan turut andil di dalam semuanya dengan komitmen dan semangat yang lebih besar ketimbang sebelumnya. Kita lihat saja apa yang bisa ditawarkan masa depan; tantangan-tantangan baru yang menarik ada di depan mata. Saya tengah menjalani masa-masa terbaik dalam hidup saya, tapi saya butuh mencari petualangan baru. Saya mengambil keputusan ini beberapa bulan lalu dan sudah final.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di McLaren. Hati saya akan berada di tim ini selamanya. Saya yakin mereka akan bangkit lebih kuat dan lebih baik di masa depan. Saya juga berterima kasih kepada Chase Carey dan Liberty Media atas usaha mereka untuk mengubah keputusan saya dan semua orang yang telah menghubungi saya dalam masa-masa ini. Saya juga berterima kasih kepada tim-tim saya yang terdahulu, para tandem saya, para rival, kolega, partner, jurnalis dan semua orang yang bekerja dengan saya di F1. Dan, terutama, penggemar saya di seluruh dunia. Saya yakin jalan kita akan bertemu lagi di masa depan.”

About asiagol

Check Also

5 Target Ole Gunnar Solskjaer Berikutnya di MU

  Ole Gunnar Solskjaer sepertinya sudah hampir pasti akan menjadi manajer permanen Manchester United (MU). Hal ...