Home / Berita / Akankah Dani Pedrosa Jadi Test Rider Honda MotoGP?

Akankah Dani Pedrosa Jadi Test Rider Honda MotoGP?

Rider Repsol Honda, Dani Pedrosa telah mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari MotoGP akhir tahun nanti, namun juga menyatakan keinginannya untuk tetap terlibat dalam kejuaraan balap motor terakbar tersebut tahun depan. Apakah ia akan menjadi test rider Honda Racing Corporation (HRC)?

Cukup banyak eks pembalap yang menerima jabatan test rider usai ‘masa kerja’-nya di MotoGP berakhir, seperti Colin Edwards yang sempat menjadi test rider Yamaha, serta Casey Stoner yang juga sempat menjadi test rider HRC pada 2012-2015, sebelum menjadi test rider Ducati Corse sejak 2016.

Sebagai juara dunia GP125 dan GP250, serta tiga kali runner up Moto2 yang mengoleksi 153 podium dan 54 kemenangan, masukan Pedrosa dalam pengembangan motor RC213V akan sangat berguna bagi HRC di masa depan. Namun apakah Pedrosa mau menjalani peran ini?

Honda Nyatakan Ketertarikan

Honda Nyatakan Ketertarikan

Manajer Tim Repsol Honda, yang juga eks manajer pribadi Pedrosa, Alberto Puig juga telah menyatakan bahwa pihaknya tengah menjalani diskusi dengan rider Spanyol berusia 32 tahun tersebut.

“Hal itu selalu sangat menarik. Kami tengah bicara dengannya, barangkali ia masih ingin tetap berkendara. Tapi ini adalah kehidupannya, dan kami menghormatinya. Semua terserah pada Dani, kami terbuka untuk peluang itu,” ungkap Puig kepada Marca.

Pentingnya Test Rider

Pentingnya Test Rider

Saat ini jabatan test rider HRC tengah dipegang oleh eks rider MotoGP dan WorldSBK, serta juara dunia Moto2, Stefan Bradl. Marc Marquez, tandem Pedrosa saat ini, menyatakan bahwa masukan dari test rider yang kompeten sangat penting demi peningkatan performa RCV.

“Dengan Stefan, Honda telah mengalami peningkatan besar. Memiliki test rider dan tim uji coba dengan layak seperti yang pabrikan butuhkan, membuat segalanya lebih mudah bagi kami dalam menjalani balapan, dan jika kami punya hal untuk dibuktikan kualitasnya, maka kami akan tahu perangkat itu berfungsi dengan baik atau tidak,” pungkas Marquez.

About asiagol

Check Also

GEBYAR HADIAH LUCKY DRAW